Cara Membuat & Perpanjang SIM Online

Cara Membuat & Perpanjangan SIM Online

Tak lama di penghujung tahun ini, Korlantas (Korp Lalu Lintas Polri) mengumumkan kehumasan terkait layanan terbaru yang mereka lakukan melalui sistem SIM Internet. SIM online yang dimaksud bukanlah SIM yang menggunakan jaringan, melainkan jenis layanan atau sim modern.

Dimana masyarakat Indonesia tidak lagi harus mengantri atau menggiring untuk mengetahui persyaratan administrasi pembuatan atau perpanjangan SIM, karena metode baru yang digunakan oleh Polisi Lalu Lintas Polisi ini memungkinkan orang Indonesia untuk mengajukan permohonan pembuatan atau perluasan. SIM melalui jaringan atau jaringan langsung dari rumah atau di mana saja.

Padahal, layanan SIM Online sudah aktif sejak lama, mungkin sudah setahun lebih. Namun, saat itu SIM Online hanya menjalankan aplikasi perpanjangan SIM, dan saat itu belum ada layanan pembuatan SIM.

Terakhir, Layanan SIM Internet juga menambahkan layanan baru, yaitu produksi SIM online. Dengan demikian, persyaratan untuk SIM dihentikan setelah disederhanakan.

Jadi bagaimana?

Sebelum melanjutkan dengan cara melakukannya, perlu diketahui bahwa untuk mengoperasikan layanan Web SIM ini, Anda harus menggunakan e-KTP untuk informasi pribadi. Jadi, jika Anda belum memperbaharui kartu identitas Anda, segera lanjutkan ke e-KTP.

Apalagi pembayaran juga saat ini hanya mendukung pembayaran melalui ATM, EDC (Scraping Machines) dan Teller Bank.

Jika Anda tidak mengalami masalah dengan persyaratan definisi paragraf di atas, silakan lanjutkan ke langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke Situs Layanan SIM Online

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke situs web layanan SIM ini di tautan berikut:

http://sim.korlantas.polri.go.id

2. Mulai Mendaftarkan SIM Online

Pada halaman utama situs di atas, Anda akan melihat empat opsi yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Sekarang, bagi mereka yang ingin menambah, membuat atau menerapkan, Anda dapat mengklik tombol “Pendaftaran SIM Online” di paling kiri situs web.

3. Selesaikan Rencana Manajemen Online

Atau, Anda akan disambut dengan informasi penting sebelum mendaftar (membuat, memperbarui atau menggunakan) Web SIM, oleh karena itu, harap baca dengan seksama sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Setelah Anda merasa memahami informasi yang dijelaskan, silakan klik tombol “Lanjutkan” di bagian bawah halaman situs.

Selebihnya, Anda hanya perlu mengikuti dan melengkapi beberapa informasi dari langkah-langkah pendaftaran administratif yang disediakan.

Seperti sebelumnya, jika Anda merasa telah mengisi semua kolom, silakan klik tombol “Lanjutkan” atau opsi di bagian bawah halaman, dan seterusnya.

4. Pembayaran Tagihan

Pada langkah terakhir (langkah entri data berhasil), Anda akan dikirimi email melalui bukti pendaftaran SIM online Anda.

Dengan demikian, sisa pembayaran akan dilakukan melalui ATM, EDC (Scraping Machine) atau langsung oleh Teller Bank BRI terdekat.

5. Mengunjungi Tempat, Satpas atau Mobil SIM Keliling

Setelah pembayaran Anda selesai, Anda cukup mengunjungi toko, Satpas (Pusat Manajemen SIM) atau lokasi ponsel dan pada tanggal yang Anda pilih untuk mendaftar ke Web SIM.

Eits, kalian mungkin mengira ini sama saja ketika keluar langsung. Tapi inilah bedanya, Anda tidak bisa kenyang atau berdiri lama karena Anda telah memilih hari dan tempat tertentu pada saat pendaftaran. Itu benar, itu seperti memesan tempat.

Laporan Penting: jangan lupa membawa surat persyaratan saat mengunjungi toko, penjaga atau kendaraan bermotor, seperti Surat Keterangan Sehat dari dokter dan bukti SIM hasil registrasi online.
Untuk mengajukan SIM Baru, Anda tetap harus melalui langkah-langkah uji teori dan praktik di hari yang ingin Anda lacak hari kerja.

Penutup: Inilah yang saya jelaskan di panduan penyederhanaan online, jika ada yang bingung atau memiliki pertanyaan atau pernyataan, Anda dapat meninggalkannya di bagian komentar yang disediakan atau Anda dapat membaca lebih detail tentang manual di sepanjang jalan. tautan berikut:

http://sim.korlantas.polri.go.id/download/user_manual_reg_online.pdf

Itu saja dari artikel ini, kurang lebihnya mohon dimaafkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.